Tips & TrikToyota Avanza Club Indonesia

Sharing Penggunaan Lampu DIM (Lampu Jauh)

Terkadang kita suka kesal dengan pengendara mobil di malam hari yang selalu menggunakan lampu jauh (dim) sorotannya cukup mengganggu kenyamanan berkendara. Mereka juga terkadang memainkan lampu dim sehingga cahanya seperti berkedip.

Lampu DIM (Lampu Jauh) source: google.com

Nah, jika Anda masih menggunakan lampu dim dengan cara yang seperti itu maka akan cepat merusak lampu mobil Anda. Kok bisa?
Owner KIMotor CV Sumber Urip, Hendra K.I mengatakan sebaiknya jika menggunakan lampu dim pada siang atau malam hari jangan dimainkan ada baiknya cukup menekan satu kali tapi dalam waktu yang cukup.

“Kalau mau ngedim ditahan dulu, jangan dimainkan atau turun-naik. Mau siang atau malam jangan dimainkan tahan saja beberapa detik,” ujar Hendra dalam acara Seminar HID Xenon “Terang tidak sama dengan Silau” di Jakarta, Rabu (23/10/2013).
Menurutnya, menyalakan high beam (lampu dim) pada siang hari itu akan membuat 1 kondisi memaksa lampu bekerja dengan cepat. Salahnya banyak yang ngedim dengan cara yang salah sehingga masa hidup lampu jadi berkurang.
“Itu yang membuat bohlam atau balasnya rusak atau cepat mati, karena belum stabil turun sudah dinaikin lagi,” lugasnya.

Ditambahkannya, jika diibaratkan lampu dim itu seperti grafik yang ketika dinyalakan grafiknya akan naik dan begitu lampu mati grafiknya langsung turun lagi.
“Jadi kalau dimain-mainkan atau hidup dan matikan lagi lampu akan dipaksa untuk tetap menaik dan itu fatal akibatnya. Lampu jadi cepat rusak,” katanya lagi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Close