Tips & Trik

Tips Praktis Memeriksa dan Merawat Wiper

Penghapus kaca mobil adalah salah satu komponen yang kerap dilupakan untuk dirawat. Biasanya, pemilik mobil baru memeriksa, apabila kaca tidak bisa bersih dari air, ketika sedang menembus hujan.

209188_pengoperasian-wiper-mobil-secara-manual_663_382

Padahal, apabila dilakukan perawatan secara berkala, umur wiper bisa lebih lama dan tidak memerlukan penggantian jangka pendek. Meski tidak membutuhkan waktu yang lama, namun pengecekannya harus teliti, agar wiper dapat berfungsi sempurna.

Nah, bagaimana cara mengecek dan merawat penghapus kaca mobil yang benar? Berikut, tipsnya yang dihimpun dari Toyota Astra Indonesia:

Memeriksa wiper

Pertama-tama, Anda perlu mengecek kondisi karet yang ada pada wiper. Pastikan bahwa karet masih elastis. Jika ternyata karet sudah mengeras, fungsinya pun pasti sudah tidak sempurna lagi. Karet wiper tidak akan bisa berfungsi sempurna dalam menyapu air di kaca depan.

Ciri utama karet wiper yang sudah saatnya diganti ialah keras dan tidak fleksibel. Hal ini, dapat membuat kaca Anda tergores. Selain itu, juga akan meninggalkan bekas-bekas yang bisa mengganggu pemandangan Anda. Karet wiper akan terlihat buruk, jika Anda melihat embun pada kaca yang tersapu tidak merata.

Selain itu, periksa juga apakah karet mengalami robek. Meski kecil namun robekan dapat mengurangi kemampuan wiper membuang air. Terakhir yang perlu dicek adalah tongkat penyangga wiper. Biasanya, pada mobil-mobil lama per yang menekan tongkat mulai berkurang kekuatannya. Akibatnya karet tidak dapat menempel sempurna dan meninggalkan garis air di kaca.

Merawat wiper

Salah satu upaya sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi wiper yaitu dengan merenggangkan wiper saat mobil diletakkan di bawah sinar matahari. Walaupun memang terkesan sepele namun hal ini akan membantu dalam mengatasi sengatan sinar matahari secara langsung.

Cara ini biasa dilakukan untuk dapat menjaga dan mempertahankan kualitas karet wiper. Pada umumnya, sinar matahari langsung yang menyengat kaca akan membuat temperatur kaca naik. Panas yang berlebih akan membuat karet wiper semakin memuai, yang kemudian disusul dengan  perubahan pada karet wiper. Saat dioperasikan, wiper tersebut akan menggores kaca mobil Anda.

Gunakan Penyangga wiper yang banyak dijual di toko aksesoris mobil. Saat dioperasikan, penyangga akan otomatis melipat agar wiper bisa bergerak bebas. Namun jangan lupa untuk menegakkan kembali penyangga saat tiba di tujuan, terutama apabila diparkir di bawah sinar matahari.

Bila menaikkan penyangga terlalu malas untuk dilakukan, Anda dapat membeli cairan khusus yang disebut wiper treatment. Cairan ini dioleskan pada karet secara berkala untuk menjaga karet tetap elastis.

Saat mencuci mobil, pastikan Anda juga membersihkan karet wiper, karena biasanya banyak polusi udara dan minyak yang menempel. Setelah dicuci jangan lupa dilap hingga bersih untuk memastikan noda-noda yang masih menempel ikut terangkat.

Sumber:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Close